SOSIALISASI BAHAYA PERUNDUNGAN (BULLYING), KEKERASAN GENDER DAN NARKOBA SEBAGAI UPAYAPENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK

 Rabu, 19 Oktober 2023, Pendidikan karakter merupakan upaya untuk mewujudkan generasi masa depan bangsa yang tidak hanya cerdas dan cakap, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia. Banyaknya kasus kekerasan yang melibatkan anak dan remaja baik sebagai korban maupun pelaku mengindikasikan bahwa pendidikan karakter belum efektif. Kasus guru yang di ketapel, dan ada juga yang harus berurusan dengan pihak berwajib hanya lantaran di ajak melaksanakan salat adalah deretan contoh yang mengindikasikan bahwa karakter kita masih jauh dibawa dari yang diharapkan. Belum juga rentetan persoalan yang lainnya seperti kekerasan gender, narkoba dan sejenisnya yang sangat merisaukan bangsa akhir-akhir ini.


SMA Negeri 2 Paguyaman kali ini melaksanakan lagi satu kegiatan tentangSosialisasi Bahaya Perundungan (Bullying), Kekerasan Gender dan Narkoba, Sebagai upaya Penguatan Karakter Peserta Didik” yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional kabupaten Boalemo yang berlangsung dari 19 s/d 20 Oktober 2023, dengan berbagai materi yang di suguhkan. Di hari pertama Aksi Nyata/DEMO oleh Kepala BNN Kabupaten Boalemo beserta team. Sementara itu dihari kedua materi yang diangkat adalah Perundungan/Bulying, serta Kekerasan Gender disampaikan oleh KEMENKUMHAM Kabupaten Boalemo.


Adapun pada kegiatan ini bukan hanya materi-materi yang disuguhkan kepada peserta didik. Lebih dari itu ada atraksi-atraksi lainnya seperti kampanye anti narkoba yang memeriahkan suasana. Terlihat betapa antusiasnya peserta didik mengikuti kegiatan ini, sehingga tanpa mereka sadari waktu pun terasa cepat berlalu.

Manfaat Kegiatan ini sebagaimana digambarkan di atas adalah bagaimana siswa memahami bahaya perundungan (Bullying), kekerasan gender serta menangkal bahaya Narkoba yang berdampak pada perilaku dan akhlak siswa sesuai dengan Visi dan Misi sekolah. (pen.Adj)






0 comments:

Posting Komentar